Murray Bookchin : Sebuah Biografi Ringkas

Murray Bookchin dikenal dengan teori Ekologi Sosial dan Munisipalisme Libertarian. Aktivis radikal keturunan Yahudi ini lahir di New York, 14 Januari 1921. Ia sudah mengenal dan aktif dalam gerakan komunis di Amerika sejak belia. Bookchin kecil bergabung dalam Pioneer Movement, sebuah gerakan kepanduan komunis. Beranjak lebih dewasa ia terlibat dalam Liga Pemuda Komunis dan menjabat sebagai direktur pendidikan. Pada masa itu Perang Sipil di Spanyol pecah. Bookchin turut serta dalam kegiatan seputar perang sipil Spanyol. Setelah tamat dari sekolah, Bookchin bekerja sebagai tukang cor di New Jersey selama 4 tahun dan terlibat aktif dalam pengorganisasian pekerja untuk Kongres Organisasi Industrial. Pada pertengahan 1940-an, Bookchin bekerja sebagai pekerja otomotif dan bergabung dalam Serikat Pekerja Otomotif (UAW).

Sejak tahun 1935, Bookchin sudah mulai kecewa dengan Komunisme Internasional asuhan Stalin yang dianggapnya bergeser menjadi Partai Populer yang kurang militan. Pada tahun 1940-an Bookchin semakin kecewa dengan model otoritarian Bolshevik dan Trotskyis tradisional. Pada sebuah pemogokan besar para pekerja otomotif di tahun 1948, Bookchin mulai mempertanyakan konsepsi tentang peran hegemonik kelas pekerja industri. Alih-alih menolak konsep komunisme sebagaimana yang dilakukan para Komunis yang kecewa pada masanya, dia malah mencari cara untuk membangun komunisme yang non-otoritarian bahkan libertarian.

Sejak 1950 Bookchin menyebut dirinya sebagai seorang sosialis libertarian, dan mengarahkan seluruh aktifitasnya dalam mengeksplorasi mengenai model masyarakat yang berdiri di atas hubungan social yang manusiawi, ekologis dan rasional. Beberapa karyanya seperti Lebensgefährliche Lebensmittel (1955), Our Synthetic Environment (1962), Crisis in Our Cities (1965), yang mencerminkan tema-tema tersebut lahir di tahun-tahun ini. Seluruh karya yang mengangkat isu lingkungan dan pangan.

Seiring kemunculan gerakan budaya tanding (counter culture) dan Kiri Baru yang mewarnai era 60-an, Bookchin mulai memajukan gagasan barunya yang mengawinkan antara pandangan anarkisme dan ekologi. Bookchin juga menyusun beberapa essai yang menyerukan pembangunan unit organisasi yang non-hirarkis serta kritik keras terhadap Marxisme-Leninisme. Kita bisa membacanya pada karya-karyanya seperti “Ecology and Revolutionary Thought” (1964), “Towards a Liberatory Technology” (1965), “Listen, Marxist!” (1969), Post-Scarcity Anarchism (1971) dan “A Note on Affinity Groups”.

Beberapa karya Bookchin yang lain merangkum tema yang majemuk. Seperti The Limits of the City (1974), The Spanish Anarchists (1977), Toward an Ecological Society (1981). Dua karya besarnya ditulis di dekade 80an yaitu The Ecology of Freedom: The Emergence and Dissolution of Hierarchy (1982) dan The Rise of Urbanization and the Decline of Citizenship (1986). Di dekade ini, Bookchin membuka debat dalam gerakan ekologi, menentang kecenderungan para aktivis lingkungan di Amerika yang terobsesi dengan Partai Hijau untuk kepentingan politik elektoral. Sebagai gantinya Bookchin lebih mendukung gerakan hijau radikal yang mendidik masyarakat tentang kebutuhan akan demokrasi lokal dan solusi ekologis, berdasarkan pada munisipal yang libertarian. Pada tahun 1988, bersama kawan-kawannya, Bookchin mendirikan Jaringan Kiri Hijau, sebuah kelompok konfederasi yang kental dengan pendekatan politik ekologi Bookchin.

Bookchin sangat aktif dalam kampanye politik. Ia mengusulkan demokratisasi institusi politik lokal dan menyerukan kesadaran akan isu lingkungan di kota. Aktifitas politiknya berhenti di tahun 1990-an dan Bookchin menghabiskan waktunya dengan mengajar dan menulis. Bersama kamerad-kolaboratornya Janet Behl, Bookchin menyunting empat puluh isu buletin teoritis “Green Perspectives” (kemudian berganti nama menjadi “Left Green Perspectives”).

Dekade 90-an menjadi era pemikiran-pemikiran filosofis Bookchin. Ia menerbitkan buku filsafat politik yang didasari pada dialektika Hegel bertajuk Philosophy of Social Ecology (1990, direvisi 1994), dan pada tahun 1996 Bookchin menyerang posmodernisme dalam Re-enchanting Humanity: A Defense of the Human Spirit Against Anti-humanism, Misanthropy, Mysticism, and Primitivism (1996).

Bukan hanya itu, Bookchin juga menulis sejarah besar gerakan revolusioner popular seperti The Third Revolution (1996, 2003). Isinya mencakup Revolusi Amerika dan Perancis di jilid pertama, Revolusi Perancis abad XIX termasuk Komune Paris di jilid kedua, serta volume 3 yang membahas Revolusi Rusia 1905 dan 1917, hingga volume 4 dengan Revolusi Eropa dan Revolusi Spanyol.

Sebagai seorang yang kritis dan non-dogmatis, Bookchin berkali-kali mengembangkan keraguan seriusnya terhadap pilihan politik yang dianutnya. Seperti saat ia melancarkan kritik pedas pada anarkisme. Bookchin mencurigai ideologi anarkisme berakar pada individualisme yang sangat ia benci. Dalam Social Anarchism or Lifestyle Anarchism: An Unbridgeable Chasm, Bookchin menantang para anarkis untuk keluar dari sifat narsisis dan petualangan ad hoc anarkisme gaya hidup. Ia mendorong pengembalian sifat komunal anarkisme yang berpijak pada gerakan realitas sosial. Karena tantangannya tidak terpenuhi, Bookchin menuangkan lanjutan kritiknya di dalam sebuah esai bertitel “The Communalist Project” di tahun 2002.

Untuk mempelajari gagasannya, Bookchin merekomendasikan Remaking Society (1989), dan pengantar dasar untuk gagasannya The Murray Bookchin Reader (1997), yang diedit oleh Janet Biehl. Dan terakhir adalah ringkasan Biehl tentang gagasan politiknya, The Politics of Social Ecology: Municipal Libertarian (1998).

Gagasan-gagasan Bookchin itu sendiri antara lain membangun munisipal (dewan-dewan warga) yang libertarian atau kota libertarian, dengan atmosfer kehidupan politik yang demokratis. Tidak adanya kekuasaan yang tersentral dengan menyerahkan kekuasaan penuh kepada munisipal-munisipal, dan membuat sebuah lembaga konfederasi sebagai sebuah persatuan horisontal di mana beberapa entitas politik bergabung dan mengelola kebijakan yang lebih besar antar munisipal. Seluruh kebijakan ekonomi dirumuskan bersama untuk kepentingan masyarakat munisipal. Membentuk pertahanan sipil sebagai ganti dari militer reguler negara. Majelis munisipal adalah majelis yang ditunjuk secara demokratis oleh warga yang membantu memfasilitasi warga mengambil keputusan, termasuk urusan milisi sipil dan ekonomi. Bookchin menyarankan dalam tiap essai bahwa dalam tiap momen-momen revolusi, kita hendaklah berada di dalamnya, merebutnya di sisi revolusi sosial libertarian. Sebab kekuasaan yang baik adalah kekuasaan yang terbagi-bagi dan ia mesti direbut.

Bookchin meninggal 2006 lalu akibat gagal jantung. Gagasannya masih hidup dan relevan hingga saat ini. Integritasnya dalam sebuah gagasan yang besar menjadikan ia layak dikenang.

 

Titin Jayalangkara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s